by Bali Crystal College
Dilihat: 1408 kali

Menjelang akhir bulan Oktober 2020, mahasiswa jurusan Culinary Art atau Food & Beverage Production Bali Crystal College melakukan praktek memasak appetizer atau hidangan pembuka berstandar hotel bintang lima dan restoran berkualitas, yang kali ini berupa berbagai macam jenis salad seperti Caesar, Brushetta, Calamari Ring, Canape, dan Tuna Herb Crusted.
 
Adapun untuk jenis masakan tersebut telah melalui proses pemilihan yang ketat. Maksudnya, setiap jenis masakan yang diajarkan kepada para mahasiswa memang merupakan masakan yang sering disajikan di hotel-hotel, maupun restoran bertaraf internasional. Oleh karena itu, para mahasiswa pun tidak perlu cemas ketika nanti mesti menghadapi dunia kerja dikarenakan keterampilan yang mereka miliki telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh industri.
 

Praktek Memasak Hidangan Berstandar Internasional dengan Sarana Dapur Lengkap

Praktek memasak hidangan pembuka hotel bintang lima dan restoran berkualitas ini dilakukan dengan sarana dapur yang lengkap sesuai dengan standar industri terkini. Sarana dapur tersebut telah disesuaikan dengan segala peralatan memasak yang akan ditemui oleh para mahasiswa di dapur hotel maupun restoran. 
 
Pertama-tama sebelum praktek dilaksanakan, beberapa minggu sebelumnya, para mahasiswa akan diajak ke dapur untuk mengenal nama dan fungsi dari segala jenis peralatan memasak yang ada. Para mahasiswa benar-benar diajari dari nol mengenai hal tersebut. Oleh karena itu, untuk masuk ke dalam jurusan Culinary Art ini, seseorang tidak mesti memiliki latar belakang pendidikan pariwisata seperti memasak atau tata boga sebelumnya.

 
Segala pengenalan atas peralatan memasak dilakukan dengan tujuan untuk membuat para mahasiswa terbiasa dan terlatih nantinya ketika harus menggunakan peralatan memasak tersebut. Nantinya mereka diharapkan tidak akan kebingungan lagi saat mulai melakukan pemagangan (internship) atau bahkan langsung bekerja baik di hotel maupun restoran.
 
Tidak hanya pengenalan alat, para peserta juga diajarkan mengenai prosedur kebersihan dan keamanan standar yang diberlakukan di industri. Terlebih pada masa pandemi sekarang ini, peserta tidak hanya diberikan pengenalan mengenai prosedur kebersihan dan keamanan yang standar, tapi juga prosedur yang telah dikombinasikan dengan protokol kesehatan terkait Covid-19. Dengan begitu, praktek memasak pun sangat terjamin nilai higienitas dan keamanannya.
 

Praktek Memasak Hidangan Berstandar Internasional Bersama Instruktur Andal

 
Selain telah memiliki sarana dan pra-sarana yang mumpuni dan prosedur kebersihan serta keamanan yang ketat, dalam melakukan praktek memasak, para mahasiswa jurusan Culinary Art di Bali Crystal College juga didampingi oleh para instruktur andal yang memang telah kompeten di bidangnya. Rata-rata instruktur di Bali Crystal College, terkhusus dalam bidang kuliner, memang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun bekerja di hotel maupun restoran ternama. Hal ini jelas sangat bermanfaat untuk para mahasiswa karena selain mendapatkan pelajaran serta pelatihan dari ahlinya, mereka juga akan mendapatkan inspirasi dari pengalaman-pengalaman yang akan selalu dibagikan oleh para instruktur tersebut baik di dalam kelas maupun di dapur ketika praktek.
 

Orientasi Kerja Sama Tim dan Pendampingan Instruktur Dalam Menilai Hidangan

Begitu hidangan telah selesai dimasak, maka masing-masing peserta yang sebelumnya telah dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil diberikan kesempatan untuk saling mencicipi masakan olahan mereka. Proses ini memberikan kesempatan kepada tiap-tiap kelompok untuk menemukan kelebihan ataupun kekurangan dari hasil masakan kelompok yang lain. Melalui proses ini, tiap-tiap kelompok pun nantinya bisa mendapatkan perbandingan atas hasil masakan mereka sehingga nantinya bisa mendapatkan acuan untuk menjadi lebih baik ke depannya.
 
Selain melalui proses saling membandingkan antar kelompok, instruktur juga tetap mendampingi peserta pada proses ini. Ikut memberikan komentar dan saran yang membangun, sehingga ke depannya, hasil masakan para peserta semakin meningkat baik dari segi rasa maupun tampilannya. 
 
Keunggulan di dalam hal kesiapan sarana dan prasarana dapur, higienitas, kompetensi instruktur, serta sistem kerja pelatihan membuat program pelatihan Culinary Art di Bali Crystal College dapat dikatakan sebagai salah satu program unggulan yang kualitasnya berani diadu.
 
Dengan masuk ke dalam program Culinary Art ini, seseorang akan dilatih untuk menjadi seorang juru masak andal yang memiliki kompetensi mumpuni. Hal tersebut akan dapat menjadikan orang tersebut senantiasa mengembangkan karirnya hingga sampai ke level teratas di bidangnya.
 

Share to    Facebook