by Bali Crystal College
Dilihat: 178 kali

Siapa yang mau belajar bahasa Jepang bareng BCC? Yuk, kita mulai! Bahasa Jepang tuh keren banget lo, dan banyak cerita dan budayanya. Nah, salah satu hal pertama yang harus kamu tahu itu salam dan sapaan sehari-hari yang dipakai di situasi sehari-hari. Biar kamu bisa nyaman komunikasi sama orang Jepang dan nunjukin kalau kamu respect sama budaya mereka. Nah, di sini kita bakal bahas beberapa salam dan sapaan yang sering dipakai di Jepang.

(https://www.pitutur.id/edukasi/1402995438/ojigi-budaya-membungkuk-yang-menunjukkan-status-sosial-di-jepang)
1. Konnichiwa
Ini nih salam yang paling umum di Jepang. "Konnichiwa" itu kamu pakai buat sapaan siang. Jadi, pas kamu ketemu sama orang di siang hari, entah di sekolah, kantor, atau di mana aja, kamu bisa langsung sapa mereka dengan "Konnichiwa".

2. Ohayou Gozaimasu
Salam ini buat sapaan di pagi hari. "Ohayou" artinya "pagi", lalu "Gozaimasu" itu nambahin kesopanan. Jadi, pas kamu ketemu sama temen atau keluarga di pagi hari, kamu bisa sapa mereka dengan "Ohayou Gozaimasu".

3. Konbanwa
Kalau kamu ketemu orang di malam hari, kamu bisa pakai salam ini, "Konbanwa". Ini juga cara yang sopan buat sapaan di malam hari, biar tetep nyambung komunikasinya.

(https://japanese.binus.ac.id/2018/03/31/salam-perpisahan-dalam-bahasa-jepang/)
4. Sayonara
Pasti udah tau ini kan? "Sayonara" itu artinya selamat tinggal dalam bahasa Jepang. Tapi, perlu diingat ya, biasanya "Sayonara" dipakai kalau kamu mau pisah sama seseorang buat waktu yang lama atau permanen. Kalau buat situasi yang santai, kayak mau cabut dari rumah atau kantor, kamu bisa pakai kata lain, misalnya "Ja ne" atau "Mata ne".

(https://we-xpats.com/id/guide/as/jp/detail/4727/)
5. Arigatou
Kalau seseorang udah bantu kamu atau kasih kamu sesuatu, jangan lupa ucapin terima kasih ya. "Arigatou" itu kata yang pas buat ngucapin terima kasih di Jepang. Kalau mau tambah sopan, kamu bisa nambahin "Gozaimasu" di akhirnya.

(https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Ftensai-indonesia.com%2Fpentingnya-budaya-meminta-maaf-bagi-orang-jepang%2F&psig=AOvVaw0_CQyPvgSDqAQZ9hVIsgwS&ust=1712737421666000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CAQQjB1qFwoTCIihsaPatIUDFQAAAAAdAAAAABAE)
6. Gomen Nasai
Kalau kamu salah atau mau minta maaf, pakai aja "Gomen Nasai". Ini cara sopan buat minta maaf di Jepang.

(https://japanesestation.com/culture/tradition/apa-sebenarnya-arti-ungkapan-itadakimasu-dan-gochisousama)
7. Itadakimasu dan Gochisousama
Ketika mau makan, baik itu di rumah atau di restoran, "Itadakimasu" itu kamu ucapin sebelum mulai makan buat nunjukin rasa terima kasih kamu atas makanan yang udah diberikan. Pas udah selesai makan, "Gochisousama" itu kamu ucapin buat ngucapin terima kasih lagi atas makanannya yang udah enak banget.


Jadi, gitu deh beberapa salam dan sapaan sehari-hari dalam bahasa Jepang. Meskipun cuma langkah awal, tapi kalo kamu bisa ngerti dan pakai sapaan-sapaan ini, pasti kamu bakal lebih nyambung sama masyarakat Jepang dan nunjukin rasa hormat kamu sama budayanya. Jangan lupa terus latihan dan belajar ya, karena ngerti bahasa juga berarti ngerti budayanya. Selamat belajar, teman-teman!
Top of Form

Share to    Facebook